Bakso Bakar Camilan Pedas dan Mantap

Makanan yang bernama bakso sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Kuliner dengan ciri khasnya berbentuk bulat tersebut dapat dibuat dari daging sapi, daging ayam, atau bahkan ikan. Inovasi dari makanan ini yaitu bakso bakar pun laris diburu masyarakat. Apalagi untuk bakso dengan rasa yang pedas dari bumbu cabai segarnya. Masyarakat tanah air memang dikenal sebagai salah satu pecinta makanan-makanan pedas. Rasanya yang membuat orang keluar keringat tetapi bikin ketagihan. Anda pun bisa membuat sendiri makanan tersebut dengan langkah-langkah berikut.

Menyiapkan Bahan untuk Membuat Bakso

Walaupun bukan lagi jajanan baru, bakso yang dibakar tetap menarik pecinta kuliner. Rasanya yang gurih pedas dengan aroma bakar memang menggugah selera. Untuk membuatnya ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bahan bakso

Untuk bahan utama pembuat bakso dibutuhkan 500 gram daging sapi dan 100 gram tepung kanji. Anda juga bisa membuatnya dengan  daging ayam atau bahan lain yang disukai. Siapkan juga 1 butir telur, 3 sendok makan kecap manis, dan 3 sendok makan margarin. Untuk memudahkan saat dibakar, siapkan juga tusuk sate.

  1. Bahan untuk saus

Saus yang lezat dan pedas adalah kunci dari enak atau tidaknya bakso bakar. Untuk membuat saus yang lezat bahan yang diperlukan antara lain adalah 3 siung bawang putih, ½ sendok teh bubuh pala, 1 sendok makan garam, 1 sendok tek bubuk merica, saus sambal, dan saus BBQ. Pilih bahan-bahan yang masih segar agar rasa sausnya lebih lezat.

www.pexels.com

Membuat Bakso Bakar Pedas dan Nikmat

Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya adalah membuat bakso dengan cara-cara sebagai berikut.

  1. Membuat adonan bakso

Sama seperti bakso biasa, untuk adonan dibuat dengan cara mencampurkan semua bahan yang terdiri dari daging sapi dan telur. Aduk adonan dengan menggunakan blender hingga halus dan merata.

  1. Membuat bulatan bakso

Setelah adonan pertama selesai, maka selanjutnya adalah menambahkan tepung kanji. Tuang tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Tepung ini digunakan untuk membuat bakso bakar lebih kenyal. Aduk sampai adonan lebih kalis dan siap untuk dibentuk bulat. Untuk membuat bulatan bakso bisa menggunakan cetakan atau pun hanya dengan sendok. Simpan adonan yang sudah dibentuk ke dalam baskom atau panci besar.

  1. Memasak bakso

Siapkan air di dalam panci untuk merebus bakso. Setelah air mendidih, adonan bakso yang sudah dibentuk dapat dimasukan ke panci. Diamkan bakso hingga matang yaitu saat bakso sudah terlihat mengapung ke permukaan.

www.pexels.com
  1. Membakar bakso

Sebelum penyajian, bakso terlebih dulu harus melalui proses pembakaran atau pemanggangan. Bakso yang sudah matang dapat disiapkan dengan menggunakan tusukan sate. Siapkan juga bumbu untuk bakso bakar yang terdiri dari kecap manis dan margarin cair. Oles bakso dengan bumbu tersebut untuk kemudian dapat dibakar atau dipanggang. Bolak-balik bakso agar tidak gosong, apabila ingin lebih nikmat bisa juga mengolesi bakso kembali dengan bumbu sambil dibakar.

  1. Menyiapkan saus

Untuk menikmati bakso agar lebih nikmat tambahkan saus untuk penyajian nanti. Saus dapat dibuat dari bahan yang sudah disiapkan yaitu saus sambal, saus tomat, dan saus BBQ.

  1. Menyajikan bakso

Bakso bakar dapat disiapkan dengan menyajikannya bersama saus. Bakso yang sudah dibakar disajikan di atas piring untuk kemudian disiram dengan saus bakso. Apabila ingin lebih pedas, bisa ditambahkan dengan potongan cabe rawit.

Bakso bisa dinikmati bersama saat acara santai. Jika Anda ingin membuat usaha bakso unik ini, peluang usahanya cukup menjanjikan. Kuliner dari daging tersebut sangat digemari oleh banyak masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso pun sangat mudah didapatkan. Berikut adalah beberapa analisa dan proses usaha bakso bakar.

Usaha Bakso Bakar dan Prospeknya

Prospek dari usaha bakso ini bisa dibilang sangat bagus dan menguntungkan. Melalui bisnis tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Usaha bakso juga memiliki prospek bagus ke depannya.

  1. Memulai usaha bakso

Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah usaha adalah modal. Untuk memulai usaha bakso uni ini, tidak perlu modal yang terlalu besar. Mulailah dengan modal kecil untuk memulai bisnis skala rumahan. Selain modal materi, perlu juga menyiapkan modal yang tidak kalah penting yaitu resep bakso. Usaha makanan akan sangat mengandalkan dari cita rasa yang ditawarkan. Cobalah membuat resep bakso yang enak agar usaha bisa berjalan lancar dan berkembang.

www.pexels.com
  1. Pelaku usaha bakso

Bagi pecinta kuliner dapat mencoba peluang bisnis yang satu ini. Berjualan bakso bakar bisa menjadi pilihan yang cocok untuk masyarakat yang ingin berwirausaha. Usaha bakso ini bisa menjadi usaha rintisan yang prosesnya tidak terlalu sulit dan peluang keuntungan yang menjanjikan. Semua orang memiliki peluang yang sama untuk memulai usaha kuliner ini. Pelajari cara-cara untuk menjadi pelaku usaha yang cerdas dalam menggaet konsumen dan juga mengembangkan usaha agar semakin besar.

  1. Pasar usaha bakso

Konsumen untuk bakso memang tidak sulit. Suguhkan bakso yang lezat dan nikmat untuk memikat banyak konsumen. Bakso yang penyajiannya dibakar terlebih dahulu ini juga memiliki pasar yang sangat luas, masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa suka dengan kuliner ini. Hampir semua masyarakat di berbagai daerah di tanah air menyukai cita rasa dari makanan ini.

  1. Menentukan harga bakso

Hal penting lain dalam sebuah usaha adalah harga yang ditawarkan. Untuk usaha bakso, apalagi yang masih baru sebaiknya ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menjual bakso bakar dengan harga di bawah 15 ribu per porsi. Walaupun murah, jangan sepelekan rasanya. Utamakan rasa bakso, karena konsumen pasti akan lebih memilih bakso yang enak dibandingkan bakso murah. Apabila konsumen sudah suka dengan rasa bakso yang ditawarkan, pastinya mereka akan kembali walaupun mungkin harganya lebih mahal dari tempat lain.

www.pexels.com
  1. Lokasi strategis untuk usaha

Jika masih coba-coba, usaha bakso bisa dimulai di lingkungan sekitar rumah. Tawarkan bakso ke tetangga dan kerabat untuk mencoba rasanya. Apabila enak, pasti mereka akan ketagihan untuk membeli lagi. Jika sudah siap dengan yang lebih serius, Anda bisa mulai memilih lokasi untuk memasarkan bakso. Tempat-tempat strategis untuk berjualan antara lain di sekitar sekolah, kawasan perkantoran, dan juga di sekitar instansi pemerintah. Selain memilih lokasi yang strategis, buat sajian bakso lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Misalnya mengemas bakso dengan kemasan standing pouch yang lebih modern. Buat promosi untuk memperkenalkan usaha bakso baru yang Anda jalani.

Walaupun usaha bakso memiliki persaingan yang cukup ketat, peluang dan pasar dari usaha ini sangat luas. Terlebih lagi bakso bakar bisa menjadi usaha menjanjikan karena banyak yang ingin mencoba sensasi makan bakso yang dibakar.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *