Cara Mengobati Keputihan dengan Obat-Obat dan Secara Alami

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita yang sedang hamil, stress, ovulasi atau terangsang secara seksualitas. Keputihan tersebut  merupakan keluarnya cairan berwarna jenih atau putih susu yang tidak berbau dari vagina. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi ini normal karena memang vagina mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan cairan keputihan pembawa bakteri atau sel-sel mati tersebut. Namun, tidak semua keputihan ini normal adanya, terdapat beberapa kasus keputihan yang tidak normal sehingga harus segera mendapatkan cara mengobati keputihan dari dokter. Maka dari itulah  harus dikenali dengan baik keputihan yang dialami ini agar dapat membedakan mana yang normal dan tidak. Apabila sudah terdapat tanda-tanda keputihan yang tidak nornal seperti berbau, berubah warna, menyebabkan gatal serta nyeri, silahkan lakukan penanganan khusus.

Keputihan ini harus diatasi dengan cara yang tepat  dan ampuh bila berdasarkan dengan penyebabnya.  Maka dari itulah Anda harus mengetahui berbagai cara mengobati keputihan sesuai dengan penyebabnya.  Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya yang terbagi menjadi dua yakni dengan obat-obatan dan secara alami. Tentunya apabila mengobati dengan obat-obatan, Anda perlu untuk pergi ke dokter  terlebih dahulu untuk mendapatkan pilihan obat yang tepat sekaligus resepnya. Sedangkan bagi yang alami, Anda bisa melakukannya di rumah secara rutin. Tentunya semua cara dalam mengobati keputihan ini sudah terbukti ampuh sehingga tidak boleh ada keraguan sama sekali.

www.pexels.com

Cara Mengobati Keputihan Melalui Obat-Obatan

Pada cara mengobati keputihan melalui obat-obatan ini harus disesuaikan dengan penyebab munculnya dan juga anjuran dokter seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Hal ini tentunya sama seperti Anda berusaha mendapatkan berbagai obat untuk kesehatan misalnya saja obat telat bulan yang berguna untuk mengatasi telat bulanan alias haid. Adapun berbagai caranya adalah sebagai berikut yang akan dibagi berdasarkan penyebabnya:

  1. Bacterial Vaginosis

Penyebab utama keputihan ini adalah adanya infeksi baketri pada  vagina (backterial vaginosis). Pertumbuhan bakteri yang ada ini adalah baketeri Gardenerella Vaginintis yang mampu membuat banyaknya lendir muncul. Lendir  ini berwarna sedikit keabuan yang disertai dengan bau yang amis. Apabila penyebab dari keputihan adalah hal ini, maka obat yang digunakan untuk mengatasinya ini adalah antibiotik terdiri dari tiga yakni Metronidazole (Flagyl), Clindamycin (cleocin dll) dan Tinidazole (tindarmax). Metronidazole ini bentuknya gel atau pil yang pengaplikasinya langsung pada vagina. Tinidazole ini mempunyai bentuk krim yang diaplikasikan pada vagina dengan cara dioles-oleskan. Sementara itu, clindamycin juga berbentuk krim yang pengapikasiannya sama seperti Tinidazole.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh karena adanya parasit bernama Trichomonas Vaginalis. Akibat dari adanya parasit ini, vagina menjadi mengeluarkan lendir keputihan yang warnanya kuning kehijauan dan menimbulkan bau yang menyengat. Untuk cara dalam mengobati keputihan menggunakan obat yang disebabkan oleh karena Trikomoniasis ini adalah obat Tinidazole ataupun Metronidazole (flagyl).

  1. Gonore

Selain Trikomoniasis, Gonore juga merupakan penyakit menular seksual yang mampu menyebabkan keputihan. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah Neisseria Gonorrhoeae. Keputihan yang muncul dari vagina perempuan penderita Gonore ini asalnya dari nanah. Biasanya keputihan ini akan mampu keluar berbarengan dengan urine. Untuk Gonore tingkat yang masih ringan, maka obat yang dibutuhan cukup hanya penicilin. Namun bila sudah parah, maka obat antibiotik ampuhlah yang diperlukan yakni ada Azitromisin, Doxycyline, Ceftriazone dan Eritromisin.

  1. Klamidia

Klamidia adalah penyakit yang ditularkan dengan hubungan seksual. Penyebabnya adalah bakteri Chlamydia Trachomatis dengan tanda keputihan yang berlebihan dari vagina yang dipunyai para wanita. Cara untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh Klamidia ini adalah dengan obat antibiotik yang dikombinasikan yakni doxycycline dan aztromisin.  Nantinya secara 90% klamidia mampu sembuh. Apabila bakteri tersebut telah kebal akan adanya antibiotik, maka Ofloxacin dan Levofloxacin-lah pilihan obatnya.

  1. Infeksi Jamur Vagina

Keputihan yang muncul akibat adanya infeksi jamur vagina (jamur candida) ini berwarna putih, ukurannya cukup tebal tetapi tidak menimbulkan bau. Untuk mengobatinya bisa menggunakan obat anti jamur yang bentuknya berupa tablet, krim ataupun salep. Misalnya saja, butoconazole, terconazole, miconazole dan clotrimazole.

www.pexels.com

Cara untuk Mengobati Keputihan Secara Alami

Pada cara mengobati keputihan secara alami ini tanpa adanya campuran bahan kimia sama sekali. Cara yang digunakan adalah cara tradisonal. Tentunya apabila menggunakan cara ini, tidak akan ada efek samping yang ditimbulkan. Berikut adalah cara untuk mengobati keputihan  secara alami:

  1. Menggunakan Kunyit

Cara untuk mengobati keputihan   pertama secara alami adalah menggunakan kunyit.  Kunyit ini mempunyai kandungan anti bakteri yang mampu  mengatasi munculnya keputihan pada vagina.  Untuk memanfaatkan kunyit sebagai cara untuk mengobati keputihan  secara alami ini, Anda hanya perlu untuk minum air perasan dari kunyit ini. Dosisnya cukup dua kali sehari agar keputihan yang dialami mampu teratasi dengan baik.

  1. Biji Fenugreek

Selain kunyit, cara untuk mengobati keputihan  kedua secara alami adalah menggunakan biji Fenugreek.  Bagi Anda mungkin banyak yang belum mengetahui mengenai Biji Fenugreek ini karena memang masih belum terlalu terkenal. Biji ini merupakan biji yang asalnya dari tanaman bernama Fenugreek atau yang biasa disebut Klabet. Kemampuan dari Biji Fenugereek ini sendiri mampu menambah adanya jumlah pH dalam vagina para perempuan. Nah, cara untuk mengobati keputihan menggunakan biji fenugreek ini sangatlah mudah. Hanya tinggal merendam air hangat  dengan memasukkan satu sendok makan biji tersebut selama satu malam penuh. Setelah itu, Anda harus menyaring airnya lalu silahkan minum sebelum makan pagi.

  1. Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih merupakan cara untuk mengobati keputihan secara alami yang berikutnya. Sudah tidak mengherankan lagi khasiat dari bawang putih ini dalam dunia kesehatan. Salah satunya adalah adanya sifat anti jamur dan anti bakteri yang ada didalamnya sehingga mampu mengatasi keputihan yang didalami para wanita.

  1. Daun Sirih

Daun sirih menjadi bahan alami berikutnya yang mampu mengobati keputihan. Daun sirih ini sendiri sering digunakan menjadi produk-produk pembersih pada vagina. Pasalnya memang daun ini mempunyai kandungan zat yang sifatnya anti jamur dan anti bakteri sehingga sangatlah pas untuk menjadi cara untuk mengobati keputihan secara alami yang ampuh. Anda hanya tinggal meminum air rebusan dari daun ini ataupun mengoleskannya pada vagina.

  1. Daun Sambiloto

Cara untuk mengobati keputihan secara alami kelima adalah menggunakan daun sambiloto. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa mencontoh pada penggunaan daun sirih yakni dengan meminum dan membasuh atau mengoleskan dengan air rendamannya.

Keseluruhan cara mengobati keputihan baik secara alami ataupun yang menggunakan obat-obatan ini merupakan hal yang sangatlah penting. Namun, disarankan apabila mengalami masalah keputihan silahkan coba untuk menggunakan cara yang alami terlebih dahulu baru apabila  cara alami gagal, silahakan langsung menuju cara yang menggunakan obat-obatan dimana mengharuskan untuk mengunjungi dokter.

www.pexels.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *