Pahami Hak dan Kewajiban Suami Menurut Islam Berikut Ini

Hubungan adalah sebuah keadaan yang nantinya akan dijalani oleh semua orang, dimana pada awalanya hubungan mulai terbntuk ketika kedua pasangan yang terikat oleh sebuah cincin tunangan. Mulai dari ikatan cincin tersebut pasangan akan meresmikan hubungan mereka menjadi hubungan yang telah diakui oleh negara maupun oleh agama. Hubungan yang resmi ini dikenal dengan sebuah ikatan perkawinan yang akhirnya akan menjadi hubungan rumah tangga yang akan dijalani oleh kedua pasangan tersebut.

Rumah tangga adalah sebuah hubungan yang terdiri dari satu ataupun lebih orang yang tinggal di dalam satu tempat tinggal. Rumah tangga secara umum lebih dikenal dengan sebuah hubungan yang terbentuk dari hubungan suami isteri dan anak – anak di dalamnya. Menjalani hubungan rumah tangga tidaklah semudah membalik telapak tangan, membuat hubungan rumah tangga yang damai pasangan suami isteri juga membutuhkan pemahaman baik hak dan kewajiban suami isteri. Baik suami dan isteri mempunyai aturannya masing – masing untuk menjalankan hubungan rumah tangga yang baik, pada ulasan kali ini akan di bahas mengenai hak dan kewajiban suami menurut Islam yang perlu untuk anda pahami.

www.pexels.com

Apa Saja Hak dan Kewajiban Suami Menurut Islam?

Memahami hak dan kewajiban ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hubungan rumah tangga. Jika pasangan suami isteri tidak memahami hak dan kewajibannya masing – masing maka hubungan rumah tangga bisa sangat mudah untuk runtuh. Suami menjadi pemimpin dalam terbentuknya hubungan rumah tangga yang baik, maka dari itu seorang isteri wajib untuk mengetahui hak dan kewajiban yang dimiliki oleh suaminya. Hak dan kewajiban ini pada dasarnya sudah dijelaskan di dalam agama, namun terkadang tidak semua pasangan suami isteri mampu dan mau memahami hak dan kewajiban ini.

Menjadi seorang isteri yang baik bagi seorang suami selain menjalankan hak dan kewajiban yang dimilikinya, seorang isteri juga harus mampu memahami hak – hak yang harus dilakukannya kepada suaminya. Namun walaupun begitu seorang suami juga wajib menunaikan kewajibannya kepada seorang isteri demi kelangsungan rumah tangganya. Demi utuhnya rumah tangga yang dijalani tersebut, pasangan suami isteri tidak bisa menjaga keutuhan rumah tangganya hanya salah satu pihak saja. Suami dan isteri harus mampu memahami hak dan kewajiban masing – masing pasangannya.

Hak dan kewajiban suami menurut Islam yang perlu untuk anda ketahui adalah sebagai berikut. Pada dasarnya menjalankan hak – hak yang dimiliki oleh seorang suami amatlah sangat berat untuk dijalankan semua isteri. Hal ini sama dengan sabda yang telah diriwayatkan Imam Hakim dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa hak – hak suami menurut islam yang harus dipenuhi oleh seorang isteri :

  1. Dijaga Kehormatannya oleh isteri

Seorang isteri harus mampu menjaga kehormatan suaminya, menjaga kehormatan dirinya sendiri, dan bertanggung jawab dengan harta yang dimilikinya (anak – anaknya). Selain itu seorang isteri harus bertanggung jawab dengan segala urusan rumah tangganya.

www.pexels.com
  1. Melihat isterinya berhias

Seorang wanita diharuskan berhias dihadapan suaminya sehingga menyenangkan untuk dilihat suaminya, selain itu isteri harus selalu menampakan senyumannya dihadapan suaminya dan tidak menampakan muka yang masam ataupun menampilkan wajah yang kecewa. Terlihat sangat aneh jika seorang isteri tidak memperhatikan dan tidak merawat kecantikannya ketika didepan suaminya, namun berdandan yang berlebihan ketika ingin pergi keluar rumah. Sesungguhnya orang yang paling berhak untuk bisa menikmati kecantikan dan keindahan yang dimiliki oleh seorang isteri hanyalah suaminya. Jadi jangan sekali – kali keluar untuk menunjukan keindahan maupun kecantikan yang dimiliki kepada laki – laki lain, karena hal ini termasuk keterbukaan hal yang diharamkan.

 

  1. Mendapatkan isterinya berada di rumah

Sesunggunya sebagai seorang isteri anda diharuskan selalu berada di rumah sesuai dengan surat Al – Ahzaab : 33. Mendapatkan isteri tetap berada di rumah juga menjadi salah satu hak yang harus di dapatkan oleh seorang suami, menjadi isteri tidak boleh meninggalkan rumah dan tetap berada di dalam rumah suami kecuali keluar dengan izin suami.

  1. Menerima tamu lain dengan izin suami

Hak suami yang harus di taati oleh isteri adalah tidak membawa tamu lain masuk ke dalam rumah kecuali sudah mendapatkan izin terlebih dahulu oleh suami.

  1. Tidak menginfakkan harta suaminya

Sebagai seorang isteri tidaklah diperkenankan untuk menginfakkan harta yang dimiliki oleh suaminya, kecuali telah mendapatkan izin dari suami maka seorang isteri boleh menginfakkan harta yang dimiliki oleh suaminya.

  1. Isteri tidak boleh berupasa sunah ketika suami di rumah

Memenuhi hak – hak yang dimiliki suami maka seorang isteri tidak boleh melakukan puasa sunah ketika suaminya berada di rumah, namun seorang isteri boleh melakukan puasa sunah ini ketika mendapatkan izin dari suaminya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW.

  1. Menerima nafkah yang diberikan kepada suami dengan ridha

Hak yang harus didapatkan oleh suami adalah dimana seorang isteri tidak boleh memaksa suaminya untuk mengeluarkan sejumlah uang belanja yang melebihi kemampuannya. Seorang suami akan memberikan nafkah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya dan seorang isteri harus bisa menerima berapapun nafkah yang diberikan suaminya dengan ridha serta tidak memaksa suami untuk memberikan yang lebih di luar batas kemampuan yang dimilikinya.

www.pexels.com
  1. Tidak mendapatkan cacimaki dari isteri

Seberapapun isteri marah tidak dibenarkan untuk memarahi, menjelekan, ataupun mencacimaki suaminya. Hal yang seperti inilah yang seringkali membuat seorang suami menjadi sakit hati.

  1. Isteri tidak boleh menolak ajakan suami

Hak yang wajib di dapatkan suami dan ditunaikan oleh seorang isteri adalah diamana ketika suami mengajak isterinya, isteri harus taat dan mengikuti ajakan suaminya. Sesungguhnya ketika seorang suami mengajak isterinya untuk ke tempat tidur lalu isterinya menolak, sehingga suami tidur dengan keadaan yang marah maka saat itulah malaikat akan melaknat isterinya hingga pagi hari. Maka dari itu hak untuk tidak menolak ajakan suami ini harus didapatkan ditaati oleh seorang isteri.

  1. Mampu menjaga rahasia rumah tangganya

Seorang isteri harus mampu memberikan hak untuk menjaga rahasia rumah tangganya dari orang lain. Ketika seorang suami isteri melakukan hubungan, tidaklah dibenarkan jika seorang isteri membeberkan apapun yang telah dilakukannya dengan suami kepada orang lain. Seorang isteri harus mampu menjaga rahasia suaminya dari orang lain.

Itulah beberapa hak – hak yang dimiliki oleh seorang suami yang harus ditunaikan para isteri. Seorang isteri harus mampu menjalankan dan memberikan hak – hak suami dengan baik, dengan memberikan hak – hak suami maka seorang isteri akan mampu menjalankan hubungan rumah tangga yang baik dan juga bisa menjalankan ikatan perkawinan sesuai dengan ajaran Islam. Menjadi seorang isteri harus mampu menutup mata dari segala kekurangan yang dimiliki suami dan menjalankan segala kewajibannya yakni memenuhi hak – hak yang dimiliki suaminya sehingga bisa menjadikan keluarga yang mawaddah dan warahmah.

Penting bagimu para isteri untuk mengetahui hak dan kewajiban suami menurut Islam sehingga mampu menjalankan hubungan rumah tangga yang baik. Setelah mengetahui berbagai hak yang harus didapatkan oleh seorang suami tersebut, maka seorang sumai tidaklah dibenarkan jika hanya meminta hak – haknya saja, melainkan seorang suami juga harus menjalankan kewajiban yang ia miliki. Suami menjadi seorang kepala rumah tangga yang mana di dirinya terdapat sebuah tanggung jawab yang sangat besar yang harus ditunaikan terhadap keluarganya. Tidak hanya menuntut hak – hak yang harus didapatkannya melainkan seorang sumai harus tahu bahwa dirinya juga mempunyai bermacam – macam kewajiban yang harus dijalaninya.

Tercapainya hubungan rumah tangga yang baik maka sepasang suami isteri tidak hanya meminta haknya saja melainkan juga harus menjalankan tugas yang semestinya dilakukan. Mengetahui dan memahami hak dan kewajiban suami menurut Islam menjadi sangatlah penting untuk dilakukan semua pasangan suami isteri sehingga mampu dan mengetahui berbagai batasan – batasan untuk menjalakan hubungan rumah tangga yang baik. Setelah memahami berbagai hak- hak yang dimiliki seorang suami, alangkah baiknya juga jika memahami kewajiban yang dimiliki suami sehingga tetap bisa berjalan dengan seimbang. Kewajiban suami tidak hanya ada satu, melainkan ada banyak sekali kewajiban yang harus dipenuhi seorang sumai terhadap isteri atau terhadap keluarganya. Kewajiban ini menjadi hal yang wajib untuk dilakukan suami, sehingga pasangan suami isteri mampu untuk menjalankan perannya masing – masing sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Berikut ini adalah beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua suami terhadap keluarganya menurut Islam.

www.pexels.com
  1. Memberi nafkah kepada isteri

Sesuai dengan ajaran Isalm bahwa seorang suami diwajibkan untuk memberikan nafkah kepada isterinya. Nafkah yang harus didapatkan oleh seorang isteri yakni baik nafkah lahir maupun batin.

  • Nafkah lahir

Dalam memberikan nafkah lahir ini seorang isteri juga mempunyai sebuah batasan yang harus dimengerti seperti tidak meminta nafkah secara berlebih – lebihnya, dalam arti seorang isteri harus bisa menerima nafkah berapa saja yang diberikan suaminya secara ridha, karena nafkah yang dimaksud disini ialah nafkah atau uang yang diberikan suami kepada isterinya yang didapatkan dari usaha yang sesuai dengan kemampuannya. Sehingga tidaklah dibenarkan jika seorang suami harus mendapatkan nafkah yang besar diluar kemampuan yang dimilikinya. Namun dalam memberikan nafkah ini sebaiknya seorang suami juga memberikan nafkah kepada isterinya dengan cara yang halal.

  • Nafkah batin

Sama dengan hak yang dimiliki seorang suami yakni mendapatkan isterinya ketika ia menginginkannya. Seorang isteri juga harus mendapatkan nafkah batin yang mana yang mana pada dasarnya laki – laki dan perempuan sama – sama memiliki nafsu syahwat. Seorang isteri juga mempunyai hak yang sama dengan suaminya bahwa dirinya juga harus mendapatkan nafkah secara batin tersebut. Dalam memenuhi nafkah batin akan menjadi hal yang wajib jika tidak ada halangan.

  1. Memperbaiki pergaulan dengan isteri

Hubungan rumah tangga menurut Islam dibagi menjadi ketenangan, keamanan dan kesejahteraan. Dimana dalam mendapatkan ketiga hal tersebut seorang suami juga harus bisa melakukan pergaulan yang baik terhadap isterinya sehingga bisa mendapatkan ketiga hal tersebut. Hubungan suami isteri memang digambarkan menjadi sebuah hubungan yang penuh dengan kasih, sayang, dan juga cinta. Suami harus bisa menggauli isterinya dengan baik sehingga para isteri bisa merasa senang dengan apa yang diperlihatkan oleh suaminya.

  1. Membina dan mendidik isteri serta anak – anaknya

Suami memang menjadi pemimpin di dalam rumah tangga, suami mempunyai kewajiban untuk bisa membina dan mendidik keluarganya yakni (Isteri dan anak – anaknya). Seorang suami harus melakukan kewajiban ini semaksiamal mungkin untuk mengajak keluarganya berada di jalan yang benar yakni menjalankan segala kewajiban Allah. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang suami ialah mengajak keluarganya untuk menunaikan shalat 5 waktu. Sebagai kepala rumah tangga yang bertanggung jawab, sebisa mungkin harus mengajak dan memerintahkan keluarganya menunaikan kewajiban tersebut. Apabila seorang isteri durhaka terhadap perintah suami maka suami wajib mendidiknya dan membawa isteri untuk menjalankan perintahnya walaupun secara paksa.

  1. Berlaku adil terhadap keluarganya

Ketika seorang suami menjalankan kehidupan rumah tangga yang dimilikinya maka sebisa mungkin harus bisa berlaku adil di hadapan keluarganya. Baik berlaku adil terhadap anak – anaknya maupun berlaku adil kepada isteri – isterinya. Mengingat ajaran Islam memperbolehkan seorang laki – laki untuk mempunyai isteri lebih dari satu (poligami) namun dengan syarat yakni bisa berlaku adil terhadap isteri – isterinya. Maka dari itu berlaku adil ini menjadi satu kewajiban yang harus dilakukan suami demi berjalannya rumah tangga yang baik dan sesuai dengan ajaran agama.

www.pexels.com

Kesimpulan Hak dan Kewajiban Suami Menurut Islam

Banyak sekali hak dan juga kewajiban yang harus diketahui baik bagi suami maupun isteri, pada dasarnya tidak bisa menjalankan hak dan kewajiban tersebut jika yang mengetahuinya sebelah pihak saja. Pasangan suami isteri harus mampu mengetahui dan menjalankan hak dan kewajiban masing – masing. Sumai harus paham hak kewajiban yang dimiliki isterinya dan juga isteri harus paham dengan hak kewajiban suaminya. Dengan saling memahami hak kewajiban tersebut maka didapatkanlah hubungan perkawinan yang jauh dari kerusakan.

Hak yaitu sesuatu yang harus didapatkan oleh seorang suami maupun isteri. Pasangan merekalah yang harus bisa memenuhi segala hak tersebut dengan baik. Tentu saja sebelum meminta kewajiban yang dimiliki pasangan, pasangan lain harus bisa memenuhi hak – hak yang harus didapatkan pasangannya. Selain itu kewajiban adalah hal yang harus dipenuhi seseorang baik suami maupun isteri terhadap pasangannya dan keluarganya. Kewajiban ini menjadi hal yang wajib untuk dipenuhi semua orang, sehingga pasangan ataupun anak – anaknya mendapatkan hak yang harus dimilikinya tersebut.

Hak dan kewajiban tersebut pada dasarnya berjalan saling beriringan, maka tidak bisa anda hanya tahu dan paham haknya saja tanpa tahu kewajibannya. Maka dari itu sangatlah penting bagi anda yang sedang menjalankan hubungan rumah tangga atau hubungan ikatan perkawinan untuk bisa memahami hak dan kewajiban masing – masing pasangan anda. Sehingga nantinya ketika menjalankan hubungan tersebut anda tidak hanya meminta hak yang anda dapatkan melainkan anda juga bisa memenuhi kewajiban yang seharusnya anda berikan kepada pasangan maupun keluarga anda. Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa hak dan kewajiban suami menurut Islam tidaklah sedikit, ada berbagai macam hak dan kewajiban yang harus diketahui oleh kedua belah pihak. Dengan menjalankan semua hak dan kewajiban tersebut hubungan yang sedang anda jalani akan berada dalam keadaan aman, tentram, dan damai yang jauh dari kata kehancuran.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *