Langkah-langkah Memilih Kulkas Freezer Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

Kulkas freezer telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi warga Indonesia sekarang. Memang alat ini terlihat cukup sederhana karena fungsinya hanya mendinginkan makanan / minuman Anda, atau membuat es dari air yang Anda simpan di Freezer. Namun dalam berbelanja kulkas freezer, akan muncul kerumitan tersendiri.

Kulkas freezer tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran berbeda. Selain itu, kita harus mempertimbangkan berbagai faktor termasuk harga kulkas freezer itu sendiri, fitur yang dimiliki, daya yang dibutuhkan, garansi pembelian, service cold storage (termasuk reparasi dan pergantian alat) dan berbagai hal lainnya.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa poin terpenting sebagai langkah-langkah untuk memilih kulkas freezer. Beberapa poin tersebut adalah :

  • Jenis kulkas freezer apa yang Anda butuhkan?
  • Ukuran
  • Efisiensi Energi
  • Fitur apa saja yang dimilikinya
www.pexels.com

Jenis Kulkas Freezer Apa Yang Anda Butuhkan?

Jika Anda sudah pernah memiliki Kulkas freezer sebelumnya, maka poin ini bisa dilewati karena pasti Anda sudah memiliki pengalaman tentang kelebihan dan kekurangan darinya.

Ada tiga jenis kulkas freezer yakni “Chest”, “Upright”, dan “Portable”, atau kita bisa menyebutnya kulkas duduk, kulkas tegak gabungan, dan kulkas portable.

  1. Kulkas Duduk

Kulkas duduk atau biasa juga disebut sebagai “Deep Freezer” menjadi pilihan yang sangat populer untuk pembeli yang mempertimbangkan efisiensi biaya dan energi. Kenapa?, karena kulkas jenis ini memiliki kapasitas terbesar.

Jika Anda memiliki banyak makanan yang harus disimpan beku, maka kapasitas yang ditawarkan oleh kulkas duduk bisa jadi pilihan terbaik. Selain itu, kulkas jenis ini memerlukan lebih sedikit energi daripada model tegak / gabungan, dan tetap dingin lebih lama ketika ada pemadaman listrik.

Nah,  sisi baiknya, harga kulkas freezer jenis ini biasanya lebih murah daripada model gabungan.

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan yaitu :

  • Tidak terlalu nyaman digunakan untuk sehari-hari karena makanan yang disimpan harus ditumpuk. Jadi, pengguna akan kesulitan mengambil makanan yang diletakkan di dasar.
  • Kulkas duduk lebih cenderung membutuhkan pencairan manual.

Secara garis besar, kulkas duduk memiliki :

Kelebihan :

  • Lebih terjangkau baik dari segi harga maupun dari segi biaya bulanan.
  • Kapasitas besar.
  • Lebih sedikit energi yang dibutuhkan.
  • Membuat makanan beku tahan lebih lama tanpa daya.

Kekurangan :

  • Sulit untuk mendapatkan barang-barang di dalam freezer, terutama yang diletakkan di paling dasar.
  • Biasanya membutuhkan pencairan manual.
www.pexels.com
  1. Kulkas Tegak / Gabungan

Kulkas tegak / gabungan sangat populer, terutama dari segi kenyamanan yang ditawarkan. Kulkas jenis ini biasanya berukuran kecil dan tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar. Selain itu, sangat mudah dipindahkan dan dilengkapi dengan pembagi kompartemen agar makanan teratur sesuai dengan keinginan Anda.

Sayangnya, kulkas tegak cenderung sedikit lebih mahal daripada jenis duduk. Namun, ketika kita bicara tentang kenyamanan dan kemudahan penggunaan, kulkas tegak menjadi pilihan yang paling baik.

Secara garis besar, kulkas tegak / gabungan memiliki :

Kelebihan :

  • Tidak terlau membutuhkan ruang.
  • Makanan mudah diatur.
  • Akses ke makanan / minuman sangat mudah.
  • Dapat dipindahkan dengan mudah.

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal daripada jenis lainnya.
  • Menggunakan lebih banyak energi.

 

  1. Kulkas Portable

Kulkas portable lebih kecil dari dua opsi lain yang telah disebutkan diatas. Kulkas ini memiliki ketahanan lebih rendah daripada jenis lain, namun dari segi harganya adalah yang paling murah, dan memiliki beragam fitur yang tidak disediakan oleh jenis kulkas lainnya.

Kulkas portable dirancang untuk memungkinkan Anda mengangkut makanan beku dari satu tempat ke tempat lain. Kulkas jenis ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin membawa makanan segar pada saat bepergian.

Karena kemampuannya untuk tetap pada suhu konstan, terlepas dari unsur-unsur luar, kulkas ini biasanya cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti berkemah, perjalanan jauh, atau didalam mobil RV.

Secara garis besar, kulkas portable memiliki :

Kelebihan :

  • Bisa dibawah kemana saja.

Kekurangan :

  • Kapasitas kecil.

Ukuran

Baik kulkas duduk maupun kulkas tegak memiliki ukuran yang berbeda-beda. Biasanya, ukuran terkecil adalah 5 – 6 kubik, hingga unit terbesar yang menawarkan ruang penyimpanan lebih dari 20 kaki kubik.

Jika Anda ingin mengganti kulkas yang sudah ada, tentunya pemilihan ukuran tidak menjadi masalah. Namun, ketika Anda adalah pembeli baru, maka sebaiknya ukur dulu seberapa besar ruang yang Anda sediakan untuk penempatan kulkas.  Cara yang paling mudah adalah : kalikan jumlah orang di rumah Anda dengan 1.5 kaki kubik. Selain itu, perlu diingat bahwa satu kaki kubik ruang dapat menyimpan sekitar 15 Kg makanan.

Cobalah memvisualisasikan apa saja yang akan Anda simpan, berapa pengguna, dan sesuaikan juga dengan anggaran Anda secara umum karena semakin besar ukuran kulkas semakin mahal harganya.

www.pexels.com

Efisiensi Energi

Seperti kebanyakan peralatan, produsen telah membuat kulkas freezer lebih hemat energi dalam beberapa tahun terakhir.

Saat Anda ingin membeli kulkas, usahakan untuk paling tidak membaca “Label Energy Guide” pada kulkas tersebut. Biasanya akan tertera berapa energi yang dibutuhkan untuk menjalankan kulkas tersebut. Pastikan untuk membandingkan beberapa jenis sekaligus.

Jika dari label, biasanya kulkas yang memiliki label“Energy Star” atau “Energy Saver” memiliki efisiensi energi lebih tinggi, hingga 10 persen daripada model standar.

Secara umum, kulkas duduk menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan dengan tipe tegak / gabungan, karena udara dingin yang keluar saat membuka kulkas tidak terlalu banyak. Selain itu, kulkas duduk juga bergantung pada pencairan manual yang membutuhkan lebih sedikit listrik daripada pencairan otomatis. Perlu diingat juga bahwa model pencairan manual memerlukan perawatan ekstra karena lapisan es dapat mempengaruhi efisiensi energi.

Fitur Tambahan

Selain pencairan otomatis, ada berbagai fitur yang bisa didapatkan dari sebuah kulkas freezer. Berikut ini beberapa contohnya :

  • Lampu interior.
  • Kunci pengaman.
  • Rak tambahan.
  • Kontrol otomatis.
  • Fitur pembekuan cepat.
  • Lampu penyalaan, yang berfungsi agar Anda tahu bahwa kulkas berfungsi tanpa harus membuka pintu.
  • Alarm suhu tinggi, yang berfungsi memperingatkan Anda jika suhu didalam unit mulai naik.

Faktor Tambahan

Selain mempertimbangkan 4 faktor yang sudah disebutkan diatas, ada baiknya jika Anda sudah mengukur ruang yang akan ditempati oleh kulkas sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Juga, pastikan pintu dan saluran lain cukup lebar untuk menampung kulkas.

www.pexels.com

Fitur Khusus Yang Dimiliki Berbagai Merek Unggulan

Bukan rahasia lagi bahwa setiap produsen kulkas memiliki “Fitur Unggulan” untuk masing-masing produknya. Ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh setiap produsen, sehingga Anda perlu mempertimbangkan dan menyeimbangkannya dengan gaya hidup Anda.

  • Panasonic – Econavi

Produk kulkas dari Panasonic biasanya dilengkapi dengan fitur “Econavi”. Fitur ini akan menjaga sirkulasi udara tetap efisien dan segar. Artinya, biaya juga menjadi lebih efisien karena penyesuaian suhu didalam kulkas lebih efisien.

Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan suhu didalam dengan mendeteksi frekuensi buka / tutup pintu, dan berapa banyak isi volume di dalam kulkas. Bahkan, fitur ini juga bisa menyesuaikan diri dengan suhu ruangan sekitar.

  • Samsung – Twin Cooling Plus

Fitur Twin Cooling Plus yang dihadirkan oleh produsen Samsung sangat unik. Fitur ini memastikan kesegaran sayuran yang disimpan di kulkas tetap seperti ketika baru dipetik. Sehingga, rasa dan tampilan sayuran tidak akan layu dan tetap segar.

Fitur ini mampu menjaga kondisi susu di dalam kulkas untuk selalu stabil, dan bisa memberikan kelembaban ekstra kepada sayuran, hingag 70 persen.

Selain itu, fitur ini mampu mengontrol suhu ruang pendingin, maupun ruang freezer secara terpisah karena kedua alat dipasang terpisah.

  • Hitachi – Vacuum Chilled

Fitur Vacuum Chilled mampu membuat ikan dan daging tidak tampak beku, namun tetap mempertahankan rasa bahan makanan tersebut tetap lezat.

Fitur ini dikabarkan mampu menjaga suhu minus 1 derajat Celcius, sehingga makanan tidak akan terlalu beku, dan rasa tidak akan pudar.

Pendeteksi otomatis juga dimasukkan di dalam tipe kulkas ini, sehingga pengaturan suhu menjadi lebih mudah dan otomatis.

Nah, ada yang unik dari tipe kulkas ini karena ada “Cilled Room”, yakni struktur tertutup yang membuat makanan tidak kering, namun juga tidak kehilangan kelembapannya ketika disimpan.

  • Mitsubishi – Versa Freezer Drawer

Kulkas ini diciptakan secara eksklusif untuk orang-orang yang gemar memasak. Versa Freezer Drawer memungkinkan makanan beku dengan suhu minus 7 derajat, namun tetap langsung bisa diolah tanpa harus menunggu hingga bahan makanan tersebut meleleh. Jadi, bagi penggemar saus, kuah, dll, pilihan kulkas dengan fitur ini menjadi sangat direkomendasikan.

Selain itu, kulkas dengan merek Mitsubishi mementingkan kerampingan dari bentuknya, namun kapasitas tetap besar. Jadi, jika dibandingkan dengan kulkas lainnya, bentuknya sama-sama ramping, tapi kapasitas yang bisa ditampung jauh lebih besar.

  • Sharp : Mega Freezer

Kulkas dari Sharp memiliki fitur Mega Freezer, yang memang lebih difokuskan untuk fungsi Freezernya. Fitur ini bisa membekukan makanan dengan sangat cepat hingga suhu minus 40 derajat Celcius, tanpa kehilangan rasa asli dari bahan makanan tersebut.

Selain itu, kapasitas yang diberikan sangat besar, sehingga Anda lebih leluasa untuk menggunakan ruang penyimpanannya.

www.pexels.com

Deretan Kulkas Terbaik

Setelah kita memahami hampir seluruh aspek dari pemilihan kulkas, ada beberapa rekomendasi kulkas terbaik tahun 2019 yang memiliki fitur unggulan, namun dibandrol dengan harga yang masih terjangkau.

  • Panasonic NR-AF17AN-SS, harga Rp. 1.7 juta-an.
  • Sharp Shine Series SJ-195MD-SR/SG, harga Rp. 2.4 juta-an.
  • Panasonic NR-BB258G, harga Rp. 4.5 juta-an.
  • Toshiba GR-WG66ED, harga Rp. 3.9 juta-an.
  • Elektrolux EME3500MG, harga Rp. 8.6 juta-an.
  • Modena Centurion – RF 2241 S, harga Rp. 6.5 juta-an.
  • Samsung RT46 Twin Cooling Plus, harga Rp. 5.6 juta-an.
  • Hitachi R-W-70PGD3, harga Rp. 10.6 juta-an.
  • Mitsubishi Electric MR-L72EH-BRW, harga Rp. 14.9 juta-an.
  • LG GC-M247SLUV, harga Rp. 12.4 juta-an.

Berbagai kulkas yang ada dipasaran saat ini memiliki beragam pilihan. Jadi, alangkah baiknya jika sebelum membeli, Anda mempertimbangkan berbagai aspek termasuk kegunaan, harga, fitur, dll, sehingga tidak menyesal nantinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *