Kenapa Jogja Istimewa? Berikut Alasannya

Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Dengan sistem republik, Indonesia tidak mengenal sebuah negara bagian atau negara di dalam sebuah negara. Indonesia terbagi menjadi sebuah 34 provinsi dari Nagroe Aceh Darussalam sampai Papua. Diantara itu, terdapat satu daerah istimewa yang bernama Yogyakarta. Status daerah istimewa yang dimiliki oleh Yogyakarta ini seperti menjadikan daerah ini sebagai negara dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yogyakarta sendiri berada di sebelah selatan Provinsi Jawa Tengah dan telah lahir sejak tahun 1755 atau tepatnya pada tanggal 7 Oktober. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai provinsi tertua yang ada di Indonesia setelah Provinsi Jawa Timur. Kenapa Jogja Istimewa? Beberapa alasan di bawah ini akan memberikan penjelasan logis mengapa Yogyakarta dapat disebut sebagai daerah yang istimewa di Indonesia.

Kenapa Jogja Istimewa? Karena Berbentuk Kerajaan

Kenapa Jogja Istimewa? Seperti yang telah disinggung di atas bahwa Yogyakarta adalah daerah istimewa yang berupa kerajaan. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai kerajaan/negara dalam sebuah negara. Sebenarnya, hal ini bertentangan dengan bentuk negara Indonesia sebagai negara kesatuan. Bahkan, status keistimewaan Yogyakarta sempat akan dihapus beberapa tahun lalu sebelum kemudian terbit RUUK Daerah Istimewa Yogyakarta. Wacana tersebut kemudian ditolak oleh banyak pihak, terutama masyarakat Yogyakarta sendiri. Pasalnya, Negara Ngayogyakarta Hadiningrat sudah lahir terlebih sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, Negara Ngayogyakarta Hadiningrat turut memberikan kontribusi pada kemerdekaan Republik Indonesia. Sebenarnya Kerajaan Yogyakarta dan kerajaan-kerajaan lainnya bisa saja melepaskan diri dari NKRI yang telah merdeka. Namun, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII justru memberikan dukungan kepada NKRI. Sesuai dengan amanat Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tanggal 5 September 1945 bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta berbentuk kerajaan yang merupakan bagian dari Republik Indonesia.

Pexels.com

Dalam amanat tersebut menyatakan “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja kami pegang seluruhnya”. Kemudian amanat dari Paku Alam VIII yang menyatakan, “Bahwa Negeri Paku Alaman jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia. “Berikutnya, “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Paku Alaman, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Paku Alaman mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja Kami pegang seluruhnja”.

Adanya Ritual-ritual Kerajaan

Sebagai daerah yang berbentuk kerajaan, Daerah Istimewa Yogyakarta masih memiliki ritual-ritual seperti yang ada pada sebuah kerajaan dan masih dilakukan sampai saat ini. Ritual seperti penyembahan kepada Sultan atau yang disebut dengan sowan masih dilakukan. Sowan ini dilakukan oleh Abdi dalem keraton yaitu orang yang rela menjadi abdi budaya Yogyakarta. Abdi dalem ini juga telah mendapat ketetapan dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Seorang abdi dalam wajib untuk melakukan sowan kepada Sultan setiap 12 hari sekali, ada yang setiap hari Selasa Wage, dan ada pula yang melakukan sowan setiap hari. Selain itu, setiap abdi dalem juga memiliki tugasnya masing-masing, antara lain ada yang mengerjakan administrasi kantor keraton, membersihkan museum keraton, dan masih banyak lagi. Seorang abdi dalem adalah orang-orang yang benar ingin mengabdi dan menunjukkan kesetiannya pada Kasultanan. Pasalnya, mereka hanya digaji sebesar 2000-20000 per bulan menyesuaikan pangkat yang dimiliki. Meski begitu, namun mereka tetap melakukannya dengan tulus sepenuh hati sebagai wujud kesetiaan pada Kasultanan.

Pexels.com

Jogja Disebut Daerah yang Mistis

Sebagai sebuah keraton, tak heran jika Yogyakarta masih menjadi daerah yang cukup mistis. Salah satu buktinya adalah terdengarnya suara drumband pada pukul 01.00 atau 02.00 WIB di setiap paginya. Memang, siapa saja yang telah betah tinggal di Yogyakarta akan mendengar suara drumband apabila bangun saat tengah malam. Suara ini berasal dari prajurit keraton yang sudah meninggal namun masih berlatih drumband sebagai wujud kesetiaan mereka kepada Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pexels.com

Jogja Adalah Kota Budaya

Saat berkunjung ke Yogyakarta, kita akan sering menemukan orang-orang yang memakai pakaian adat di kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan suatu hal yang sudah biasa di Yogyakarta. Bahkan, sekolah-sekolah di sana juga mewajibkan para muridnya untuk mengenakan pakaian adat pada setiap tanggal 20. Peraturan ini bertujuan sebagai upaya untuk melestarikan pakaian adat sekaligus sebagai wujud penghormatan kepada Kasultanan Yogyakarta.

Jogja Adalah Kota Pelajar

Kenapa Jogja Istimewa? Alasan selajutnya adalah karena Yogyakarta merupakan kota pelajar. Yogyakarta memiliki peranan penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Di sinilah lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang saat itu mendirikan taman siswa. Beliau dikenal dengan ungkapannya yang sangat terkenal yakni Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Inti dari kalimat tersebut adalah bahwa seorang pemimpin harus memiliki tiga sifat tersebut demi menjadi seorang pemimpin yang bisa menjadi panutan bagi orang lain. Yogyakarta juga tempatnya banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ternama di Indonesia. Berikut adalah 10 perguruan tinggi terbaik yang ada di Yogyakarta antara lain :

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas AMIKOM
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Pembangunan Nasional
  • Universitas Sanata Dharma

Khusus untuk Universitas Gadjah Mada (UGM) sendiri merupakan universitas terbaik di Indonesia yakni menduduki peringkat pertama. UGM memiliki tenaga pengajar yang sangat berkualitas ditambah dengan kurikulum yang selalu mengalami perkembangan.

Kenapa Jogja Istimewa? Kaya akan Wisata dan Kuliner

Kenapa Jogja istimewa? Jogja merupakan salah satu gudangnya tempat wisata yang ada di Indonesia. Berbagai wisata alam maupun buatan hingga museum bersejarah bisa Anda dengan mudah di Yogyakarta. Beberapa wisata terbaru dan terbaik di Yogyakarta antara lain sebagai berikut :

  1. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Keindahan danau yang masih alami menjadi keunggulan dari wisata yang satu ini. Lokasi yang merupakan bekas penambangan batu kapur yang sekarang menjadi danau ini biasa dijadikan anak-anak setempat untuk bermain air dan mandi.

  1. De Mata Trick Eye Museum

Pandangan tentang museum ini mungkin terlihat membosankan saat pertama kali. Namun, saat Anda mulai memasuki museum ini, pandangan tersebut akan berubah menjadi kekaguman terhadap koleksi 120 buah gambar 3D yang sangat memukau.

  1. Legend Cafe

Kafe yang satu ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman serta WiFi dan berbagai macam permainan. Kafe ini bisa menjadi pilihan Anda untuk nongkrong bersama teman-teman. Apalagi, kafe ini memiliki desain yang unik karena bergaya arsitektur Belanda.

Selain wisata yang indah dan unik, Anda juga bisa menemukan beragam kuliner khas Yogyakarta yang sangat nikmat seperti, gudeg, mangut lele, rujak es krim, sate klatak, dan masih banyak lagi.

Beberapa alasan di atas sepertinya sudah bisa menjawab kenapa Jogja istimewa? Anda bisa membuktikan keistimewaan dari Yogyakarta dengan langsung berkunjung dan berlibur di sana. Dengan menggunakan paket wisata Jogja, Anda akan merasakan liburan terbaik dan berkesan bersama teman maupun keluarga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *