Mengenal Manfaat Kurma Arab dan Kurma Tunisia

Anda yang pernah berkunjung ke Tanah Suci Mekah tentu akan menjadikan pengalaman tersebut sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Entah berkunjung ke sana untuk beribadah atau sekedar berwisata, berkunjung ke Tanah Suci Mekah akan selalu memberikan kesan yang menyenangkan di hati. Belasan jam perjalanan rasanya menjadi perjalanan yang siap ditempuh berkali-kali demi merasakan suasana yang berbeda nun jauh di negeri Arab sana.

Ketika hendak kembali ke Tanah Air Anda pasti ingin berbelanja oleh-oleh untuk sanak famili tercinta. Air zam-zam dan parfum khas Arab biasanya menjadi jenis oleh-oleh yang paling banyak diburu. Selain sangat khas, kedua jenis oleh-oleh tersebut juga digemari karena bentuknya yang mudah dibawa kemana-mana.

Satu lagi jenis oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Arab, yakni kurma. Buah berukuran kecil dengan cita rasa yang manis dan legit ini memang menjadi oleh-oleh khas Arab yang banyak digemari. Kendati buah ini sudah dipasarkan secara luas di negara-negara lain, tak lengkap rasanya jika meninggalkan tanah Arab tanpa membawa kurma sebagai oleh-oleh.

maxpixel.net

Jenis Kurma yang Terkenal dari Timur Tengah

Meskipun kurma dikenal sebagai oleh-oleh khas Arab, ternyata Arab bukan satu-satunya yang bisa menghasilkan buah kurma. Negara-negara Timur Tengah lain juga mampu menghasilkan buah kurma yang tak kalah lezat rasanya. Beberapa jenis kurma dari negara Timur Tengah lainnya bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Berikut adalah jenis-jenis buah kurma beserta negara asalnya:

  1. Kurma Palmfruit

Anda yang menggemari kurma dengan cita rasa manis wajib mencoba kurma palmfruit. Kurma Tunisia ini memang cukup populer di banyak negara karena rasanya yang manis dan legit. Tak hanya itu, kurma palmfruit juga digemari karena tekstur daging buahnya yang kenyal.

Kurma Tunisia palmfruit memiliki bentuk yang mudah dikenali. Buah kurma yang satu ini berwarna coklat agak kemerahan dengan bentuk buah yang lonjong dan panjang. Ukurannya relatif lebih besar dibanding kurma-kurma yang berasal dari Arab. Kurma palmfruit hanya bisa ditemukan di Indonesia pada musim-musim tertentu. Biasanya buah ini membanjiri pasaran kurma Indonesia ketika memasuki bulan Ramadhan hingga menjelang idul fitri tiba.

 

  1. Kurma Amer Haji

Kurma amer haji berasal dari Irak. Jenis kurma yang satu ini cukup dikenal karena rasa manis yang cukup pekat. Selain itu daging buahnya tebal dengan biji yang berukuran kecil di bagian dalamnya. Teksturnya daging buahnya terasa sangat lembut ketika digigit. Meskipun rasanya lezat dan daging buahnya tebal, kurma amer haji tidak dibanderol dengan harga yang terlalu tinggi.

Kurma amer haji biasa juga disebut dengan nama “welcome kurma. Istilah itu diberikan karena kurma haji di negeri asalnya sana biasa disuguhkan untuk menyambut tamu. Oleh karena itu bukan hal yang aneh bagi masyarakat Irak untuk menyimpan banyak persediaan kurma amer haji di rumahnya.

www.pexels.com
  1. Kurma Madu

Tak kalah dengan banyak jenis kurma lainnya, kurma madu juga cukup populer di banyak negara. Tentu saja kurma yang satu ini tidak hanya populer di Indonesia. Jenis kurma ini terkenal di banyak negara lain karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang cukup kaya. Apalagi harga kurma madu juga tergolong murah jika dibandingkan dengan jenis-jenis kurma lainnya.

Manfaat utama kurma madu yang paling terkenal adalah meningkatkan kesuburan wanita. Oleh karena itu buah ini banyak diburu oleh para wanita yang tengah menjalani program hamil. Sayangnya kurma ini memiliki waktu relatif lebih lama untuk matang. Ketika masih mentah buah kurma ini berwarna kuning gading dan teksturnya terasa keras.

 

  1. Kurma Barhi

Kurma barhi merupakan jenis kurma yang berasal dari Arab dan cukup populer di beberapa negara, termasuk Indonesia. Nama barhi diambil dari bahasa arab yang berarti angin panas. Secara tampilan fisik jenis kurma yang satu ini memang tidak terlalu menarik. Ukurannya buahnya kecil dengan daging buah yang tipis.

Meskipun secara tampilan fisik kurang menarik buah ini tetap banyak diburu karena rasa yang dimilikinya. Kurma barhi memiliki rasa yang manis. Daging buahnya juga terasa lunak dan lembut ketika digigit. Jika dikonsumsi ketika belum lama dipanen daging buah kurma ini terasa meleleh di mulut sehingga banyak orang yang menggemarinya.

maxpixel.net
  1. Kurma Ajwa

Jika Anda pernah mendengar istilah kurma nabi, maka sebenarnya kurma yang dimaksud adalah kurma Ajwa. Jenis kurma ini memang dikenal dengan nama kurma nabi karena konon merupakan kurma yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad. Kurma Ajwa menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Tak heran banyak tempat jual kurma Ajwa yang selalu kebanjiran pembeli, terutama jika Bulan Ramadhan tiba.

Kurma ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Warnanya cukup berbeda dengan kurma kebanyakan, yakni berwarna hitam. Tekstur buahnya juga lembut dengan rasa manis yang enak di mulut. Tempat jual kurma Ajwa laris tidak hanya karena rasa buahnya yang memang lezat. Banyak orang memburu kurma Ajwa karena khasiat dari buah ini memang cukup banyak, khususnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menmbantu proses pemulihan pasca sakit.

Kesemua jenis kurma di  atas sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya kurma memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Anda yang sering mengalami sembelit, misalnya, sangat dianjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi buah kurma. Kandungan serat yang sangat tinggi di dalam buah kurma menjadikannya manjur mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan banyak dokter kandungan menyarankan pasiennya untuk rutin mengkonsumsi buah ini setiap hari. Hal itu karena ibu hamil memang lebih rentan terseran masalah pencernaan selama masa kehamilannya.

Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi bisa pula mencoba mengkonsumsi kurma secara rutin sebagai solusi tambahan. Kurma mengandung potasium dalam jumlah yang lumayan tinggi. potasium dikenal sebagai salah satu kandungan yang mampu membantu menurunkan tekanan darah. Para penderita hipertensi atau tekanan darah disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma setidaknya 5 hingga 7 butir per hari. Jumlah itu sudah cukup mengendalikan tekanan darah agar tidak melonjak ke angka yang berbahaya.

Manfaat lain dari kurma yang membuatnya perlu dikonsumsi secara rutin ialah meningkatkan daya kerja otak. Kurma diyakini mampu membantu otak anak-anak berkembang dengan optimal. Sementara pada orang dewasa, konsumsi rutin kurma mampu mengurangi resiko terkena penyakit pikun dan alzheimer di masa tua. Hal itu dikarenakan kurma banyak mengandung potasium dan protein.

Jika Anda kurang menyukai mengkonsumsi kurma secara langsung, Anda bisa mencoba membeli madu kurma atau suplemen kesehatan lain yang menggunakan kurma sebagai bahan utamanya. Mengkonsumsi kurma ini dapat menjadi solusi menjaga kesehatan yang murah namun sangat berkhasiat. Pastikan Anda dan anggota keluarga Anda mengkonsumsi buah ini setidaknya 3 hingga 5 butir setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *