Kenali Penyebab Ambeien dan Cara Pengobatannya

Pernah dengar istilah ambeien? Ambeien adalah nama umum dari penyakit wasir. Wasir adalah suatu kondisi saat pembuluh vena di sekitar anus meradang. Sehingga terlihat membengkak. Dalam dunia kedokteran wasir disebut dengan istilah hemorrhoid. Terdapat dua jenis wasir, yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid. Internal hemorrhoid adalah jenis wasir yang muncul di dalam rektum (saluran penghubung antara usus besar dengan anus) Anda dan biasanya tidak nyeri, tapi menyebabkan BAB berdarah. Sedangkan external hemorrhoid adalah wasir yang terletak di luar anus dan paling mungkin terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang permukaan bisa robek dan berdarah.

Wasir bukan penyakit langka dan bisa menyerang siapa saja. Namun, lebih sering lagi terjadi pada ibu hamil dan pasien yang sembelit (susah BAB) atau diare kronis. Sebenarnya, pada awal kemunculan kondisi ini tidak terlalu berbahaya dan tidak menular. Bahkan, biasanya wasir masih bisa sembuh snediri dan dapat dengan mudah disembuhkan dengan obat wair. Namun, pada kondisi tertentu yang sudah cukup parah harus melalui jalan operasi.

Gejala atau tanda-tanda Anda mengalami wasir sebenarnya cukup mudah ditebak. Kondisi Anda mengalami gejala wasir, yaitu BAB berdarah dan tidak disertai nyeri, nyeri dan rasa tidak nyaman, gatal dan iritasi pada area rektum, bengkak di sekitar anus, hingga adanya benjolan yang sensitif disertai dengan nyeri di sekitar anus. Jika sudah mengalami tanda-tanda yang cukup serius dan mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau meminum obat khusus.

www.pexels.com

5 Penyebab Ambeien

Penting diketahui untuk sebaiknya di kemudian hari bisa dihindari, yaitu penyebab ambeien. Ada beberapa penyebab timbulnya ambeien atau wasir yang mungkin tidak sadar Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Sembelit kronis

Sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan yang membuat tinja mengalami pengerasan berlebihan, sehingga sulit untuk dikeluarkan dan bisa mengalami sakit yang luar biasa pada perut Anda. Nah, feses yang mengeras akibat sembelit ini membuat Anda harus mengeluarkan feses sekuat tenaga dengan mengejan. Tekanan ekstra pada saat mengejan lama kelamaan bisa memicu berkembangnya bengkak ambeien hingga perobekkan.

  1. Mengangkat beban berat

Mengangkat beban berat bukan hanya memungkinkan peranakkan turun, tapi juga bisa mengakibatkan ambeien karena banyaknya tumpukan tekanan di bagian rektum yang akan mempengaruhi aliran darah. Hal inilah yang membuat pembuluh darah membengkak dan merasakan sakit yang berlebihan.

  1. Kehamilan

Seiring usia kehamilan yang semakin lama semakin membesar, rahim akan ikut berkembang seiring dengan perkembangan janin. Hal ini tentunya membuat tekanan pada rahim. Tekanan inilah yang kemudian akan menekan embuluh darah yang ada di usus besar, sehingga memicu munculnya benjolan pada daerah anus biasanya.

  1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama bukan hanya membuat metabolisme terganggu, tapi juga merupakan salah satu penyebab ambeien. Hal ini karena pada saat ANda duduk, pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan inilah yang semakin lama akan menekan dinding pembuluh darah, sehingga akan menyebabkannya semakin besar.

  1. Usia

Berdasarkan beberpaa penelitian, hampir setengah populasi orang yang berusia 50 tahun ke atas rentan mengalami penyakit ambeien atau wasir ini. Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami akan menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus melemah dan meregang. Hal inilah yang membuatnya semakin rentan dan membengkak.

www.pexels.com

Aneka Pilihan Mengobati Wasir

Jika penyakit wasir terjadi pada Anda atau orang terdekat Anda, ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari perngobatan sendiri hingga yang paling ekstrem adalah operasi. Berikut ini beberapa rincian pilihan pengobatan wasir:

  • Mengkonsumsi makanan penambah serat

Ada dua makanan penambah serat yang baik untuk mengatasi wasir. Dua makanan yang bis adikonsumsi adalah Psyllium atau Methylcellulose yang dipercaya dapat membantu pengeluaran feses dan mengobati sembelit. Sehingga, tidak ada lagi cerita mengejan kuat saat buang air yang membuat rektum atau area anus mengalami luka.

  • Pengobatan alami

Selain memakan makanan sumber serat, seperti buah dan sayur, Anda bisa mengkonsumsi obat ambeien produk Nasayang terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan sudha lama dikenal sangat efektif untuk mengobati ambeien. Caranya dengan mengkonsumsi satu paket paket penyembuhan ambeien dari produk Nasa.

  • Obat wasir dokter

Biasanya jika dibawa konsultasi ke dokter, dokter akan memberikan obat wasir dalam bentuk krim atau obat supositori yang dapat membantu meredakan gejala-gejala, seperti rasa nyeri atau gatal pada bagian yang nyeri.

  • Operasi pengangkatan wasir

Operasi ini disebut dengan hemoroidektomi. Pasien wasir yang diambil tindakan operasi berarti sudah mengalami ambeien yang cukup berat dan seringkali kambuh. Proses hemoroidektomi akan dilakukan dengan cara mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan pendarahan. Namun, operasi ini bukanlah operasi besar, karenanya bisa dilakukan hanya dengan bius lokal dan kombinasi obat penenang, bius spinal, atau bius umum. Pasien diharapkan tetap tenang pasca operasi, karena memang kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit luar biasa setelah operasi ambeien. Hal ini bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit. Waktu pemulihan pasca operasi biasanya sekitar 2 minggu, namun butuh waktu sekitar 3 – 6 minggu sampai Anda betul-betul bis aberaktivitas seper biasa.

  • Prosedur selain operasi

Ada prosedur medis lainnya yang bisa dilakukan selain operasi hemoroidektomi ini, yaitu:

  • Trombektomi ambeien eksternal

Jika gumpaan darah yang menyakitkan ini terbentuk dalam ambeien eksternal, maka dokter akan melkaukan sayatan dan drainase sederhana dengan tujuan mengeluarkan gumpalan darah. Ada aturan waktu pada prosedur ini, yaitu waktu yang paling efektif melakukan prosedur ini adalah dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.

www.pexels.com
  • Ligasi pita karet

Cara ini biasanya digunakan pada jenis ambeien internal dengan cara mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal, yaitu daerah rektum. Hal ini dilakukan untuk memotong aliran darah. Tanpa adanya aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu Anda menjalankan prosedur ini. Cara ini adalah yang paling efektif untuk banyak orang karena tidak memerlukan pembiusan dan keesokan harinya pasien dapat kembali beraktivitas.

  • Suntikan

Prosedur pengobatan yang satu ini dilakukan dengan cara menyuntikkan larutan kimia khusus ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf lokasi penyuntikkan menjadi mati rasa. Lewat satu setengah bulan pasca prosedur dilakukan, ukan ambeien akan mengecil dan menyusut.

  • Koagulasi dengan laser/inframerah/bipolar

Teknik ini dilakukan untuk membakar jaringan ambeien, sehingga aliran darah akan terpotong atau mati. Namun, prosedur ini sifatnya tidak permanen yang berarti ambeien sewaktu-waktu bisa saja muncul atau kambuh lagi. Prosedur ini juga dapat menimbulkan sedikit rasa kurang nyaman pada pasien.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *