Perlengkapan Kamar Mandi dan Jenis-jenisnya

Kamar mandi adalah ruangan yang sangat penting dan harus ada didalam rumah, dengan adanya kamar mandi maka kita mudah membersihkan diri. Ada banyak sekali fungsi kamar mandi yang harus anda ketahui, sesuai dengan namanya kamar mandi memiliki fungsi atau manfaat untuk mandi, bisa juga untuk berendam, digunakan sebagai tempat cuci muka, sikat gigi, buang air besar maupun kecil, merias diri dan masih banyak lagi lainnya. Bagi anda yang ingin membuat kamar mandi harus mempersiapkan segala sesuatu seperti model kamar mandi yang dipilih, jenis kamar mandi, dan perlengkapan kamar mandi.

www.pexels.com

Jenis-jenis Kamar Mandi dan Perlengkapan Kamar Mandi Lengkap

Sebelum anda membuat kamar mandi, rencanakan terlebih dahulu kamar mandi seperti apa yang anda inginkan, ada beberapa jenis-jenis kamar mandi yang bisa anda pilih, diantaranya adalah :

  • Kamar mandi basah

Kamar mandi basah adalah jenis kamar mandi semua bagian kamar mandi dialiri oleh air, bagi anda yang memiliki ruang kamar mandi terbatas maka sangat disarankan untuk memilih jenis kamar mandi basah. Dengan memilih jenis ini maka anda tidak membutuhkan dinding pemisah antara area mandi dan buang air, sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas.

  • Kamar mandi setengah kering

Jenis kamar mandi selanjutnya adalah kamar mandi setengah kering, kamar mandi setengah kering ini membutuhkan ruang yang lebih luas dari kamar mandi dengan jenis yang basah, area kamar mandi ini memiliki jarak yang cukup luas antara area mandi dengan area untuk buang air. Dengan memilih kamar mandi jenis ini maka perlengkapan kamar mandi juga tidak mudah basah.

www.pexels.com
  • Kamar mandi kering

Jenis kamar mandi selanjutnya adalah kamar mandi kering, kamar mandi jenis ini memiliki luas kamar mandi yang lebih dibanding kamar mandi setengah kering, didalamnya dilengkapi dengan bathtub sehingga lantai tidak akan basah. Didalam kamar mandi jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan ruang lainnya yaitu ruang shower yang digunakan untuk membilas dan mebersihkan badan.

Selain jenis kamar mandi diatas, ada juga tipe-tipe kamar mandi lainnya yang penting untuk anda ketahui, berikut tipe-tipe kamar mandi yang bisa anda ketahui :

  • Powder room

Tipe kamar mandi powder room adalah toilet kering yang biasanya dibangun untuk tamu saat berkunjung kurumah, biasanya jenis toilet ini hanya berfungsi untuk kloset, bercermin dan wastafel. Tipe ini dikenal juga dengan nama half bathroom, biasanya untuk keluarga muslim ditambah dengan tempat wudhu atau kran. Dan letak kamar mandi jenis ini berada di dekat ruang tamu.

  • Master room

Tipe toilet jenis ini adalah kamar mandi yang biasanya ada didalam kamar tidur utama, memiliki area khusus dan lebih luas, didalam kamar ini juga terdapat shower dan bathtub, wastafel dan juga kloset. Isi dari master room lengkap.

www.pexels.com
  • Kamar mandi ¾ dan full

Adalah kamar mandi yang memiliki fasilitas kamar mandi yang full lengkap, dan kamar mandi jenis ini sering sekali kita temui dirumah-rumah penduduk. Dan untuk perlengkapan lengkap didalamnya dilihat juga dari seberapa luas kamar mandi yang dibangun.

Selain memperhatikan jenis-jenis kamar mandi yang akan anda pilih, anda juga harus memperhatikan kira-kira perlengkapan kamar mandi seperti apa yang harus ada didalam kamar mandi, diantaranya adalah :

  • Tempat sampah

Tempat sampah adalah alat yang harus ada dikamar mandi, pilihlah tempat sampah yang memiliki ukuran yang kecil, dengan adanya tempat sampah maka memudahkan anda untuk membuang sampah seperti bungkus sabun, shampo, pembalut dan lain sebagainya. Dengan adanya tempat sampah maka kebersihan didalam kamar mandi akan lebih terjaga, sampah-sampah tidak akan berserakan dilantai kamar mandi.

  • Rak kamar mandi

Perlengkapan yang harus ada didalam kamar mandi adalah rak kamar mandi, anda bisa memilih rak kamar mandi dengan bahan plastik yang murah, rak dengan bahan besi, stainless atau bisa juga yang menggunakan bahan kayu.

  • Pegangan sikat gigi

Perlengkapan kamar mandi lainnya adalah pegangan sikat gigi, dengan adanya pegangan sikat gigi maka sikat gigi akan lebih bersih dan teratur, pastikan juga menaruh sikat gigi jauh dari korslet, karena korslet memiliki banyak sekali kuman, sebaiknya taruh pegangan sikat gigi dibelakang pintu atau didinding.

  • Handuk tangan

Handuk tangan atau dikenal dengan nama handuk kecil adalah handuk yang digunakan untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan, biasanya handuk kecil ini diletakkan di dekat wastafel dengan cara digantung, biasa juga digantung didepan pintu kamar mandi, pastikan merawat handuk tangan dengan baik, anda bisa menggantinya dengan yang bersih satu minggu satu kali.

www.pexels.com
  • Keset

Keset juga sangat dibutuhkan dikamar mandi, namun letakkan keset didepan pintu kamar mandi, pastikan memilih keset yang mampu menyerap air tinggi, sehingga lantai kamar mandi dan sekitarnya tidak mudah basah.

  • Pembersih kamar mandi

Peralatan lainnya yang harus ada didalam kamar mandi adalah pembersih kamar mandi. Pilih cairan paling cocok untuk membersihkan kamar mandi, simpan dikamar mandi sehingga saat akan digunakan anda mudah menjangkaunya, dengan menggunakan pembersih maka kamar mandi anda akan lebih bersih dan pastinya sangat nyaman untuk digunakan.

  • Sikat toilet

Sikat toilet juga merupakan perlengkapan kamar mandi yang harus ada didalam kamar mandi, sikat kamar mandi ini berbentuk bulat dengan bulu yang memutar, dengan adanya sikat toilet ini maka anda tidak perlu membersihkan toilet dengan bersentuhan secara langsung.

  • Plunger

Adalah penyedot yang terbuat dari karet, digunakan untuk mengangkat sumbatan yang ada pada lubang saluran kamar mandi, sangat cocok digunakan dikamar mandi karena mampu membantu kamar mandi yang mampet akibat sampah seperti rambut dan lainnya.

  • Sabun cuci tangan

Sabun untuk cuci tangan juga memiliki peran yang sangat penting, dengan adanya sabun cuci maka anda akan selalu terjaga kebersihan setelah buang air besar dan lainnya.

  • Pengharum ruangan

Pastikan juga menyediakan pengharum ruangan sehingga kamar mandi akan terasa nyaman digunakan.  Pilihlah aroma pengharum ruangan yang paling anda sukai.

www.pexels.com

Jenis Kamar Mandi Berdasarkan Tempat dan Perlengkapan Kamar Mandi Didalamnya

Berikut ini adalah jenis-jenis kamar mandi berdasarkan kegunaan dan tempatnya yang harus anda ketahui. Pertama adalah kamar mandi rumah, kamar mandi rumah adalah kamar mandi privat yang khusus digunakan untuk keluarga, didalam kamar mandi rumah biasanya memiliki perlengkapan yang lengkap. Kedua adalah kamar mandi untuk anak-anak, didalamnya biasanya ada banyak item anak-anak yang lucu dan imut sehingga anak mudah diajak untuk mandi. Ketiga adalah kamar mandi apartemen, biasanya luas kamar mandi lebih kecil dan memiliki furniture yang dwifungsi.  Yang keempat adalah kamar mandi resort dan hotel, biasanya anda akan melihat kamar mandi yang didesain mewah. Dan yang terakhir adalah kamar mandi umum, biasanya menggunakan perlengkapan yang minimalis.

Selain perlengkapan kamar mandi, penting juga memilih interior kamar mandi seperti apa yang anda ingikan, bagi anda yang ingin mendapatkan inspirasi keren interior kamar mandi maka bisa datang ke Hustopia.com, didalamnya akan dikupas tuntas seputar interior kamar mandi keren.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *