Pentingnya Printer Drivers dan Bagaimana Cara Mendownloadnya

Printer murah menjadi incaran banyak kantor. Akan tetapi printer yang dipilih pun harus tetap berkualitas, sehingga dapat melakukan proses cetak dengan baik dan cepat. Selain printernya, ada pula printer drivers. Printer drivers sama-sama dibutuhkan karena ini berbentuk sebuah software aplikasi.

Tanpa adanya software tersebut maka mesin printer tidak akan dapat menerima perintah melalui komputer. Untuk itu download dan install lah dahulu softwarenya sebelum mulai menggunakan printer. Untuk mendownload, saat ini sudah lebih mudah. Pasalnya dalam sejumlah situs telah menyediakannya dan dapat didownload gratis.

Setelah mendownload dan menginstall, maka barulah mesin printer dapat dihubungkan dengan komputer Namun dalam mendownload, pastikan dahulu sistem operasi yang dimiliki telah sesuai dengan software yang akan didownload. Pasalnya jika tidak sesuai maka software tidak akan dapat berjalan.

Printer murah merupakan sebuah alat yang dibutuhkan dalam setiap kantor. Tanpa adanya printer, maka beragam keperluan yang terkait pencetakan dokumen tidak dapat berlangsung. Untuk dapat menjalankan printer, komputer harus mengirimkan sinyal. Pemberian sinyal tersebut hanya dapat diterima ketika printernya terhubung dengan komputer. Tak hanya itu, komputer pun harus memiliki sebuah software yang secara otomatis akan terhubung dengan printer.

www.pexels.com

Manfaat Printer Drivers yang Tersambung Printer

Mesin printer memang hanya dapat digunakan ketika telah disambungkan oleh komputer. Komputer tersebut pun harus memiliki software khusus yang dapat memberikan sinyal kepada mesin printer. Dengan begitu printer pun akan langsung melakukan tugasnya sesuai dengan perintah. Salah satu software terbaik yang dapat digunakan adalah Printer drivers.  Ketika softwarenya telah selesai didownload dan diinstall, sambungkanlah ke printer. Dengan begitu Anda dapat melakukan beberapa kegiatan berikut :

  1. Mencetak sebuah dokumen

Kegiatan paling utama yang dapat dilakukan dari sebuah printer adalah mencetak sebuah dokumen yang diinginkan. Biasanya dokumen  yang dicetak merupakan dokumen berupa transkip, surat, dan lain-lain. Dokumen yang biasanya dicetak itu dalam bentuk Ms Office, mulai dari Word, Excel sampai dengan PDF. Masing-masing jenis dokumen tersebut mudah untuk dicetak.

Jikalau Anda adalah karyawan kantor yang kesehariannya selalu bersama dengan tumpukan dokumen, maka mesin printer pasti akan selalu tersedia di ruangan kerja. Untuk itulah komputer sangat membutuhkan software yang mampu menghubungkan sistem operasi di komputer dengan mesin printernya.

  1. Mencetak sebuah foto

Fungsi lain dari sebuah printer adalah mencetak foto. Printer sekarang dengan zaman dahulu jelas berbeda. Jika dahulu hanya dapat digunakan untuk mengeprint dokumen, sekarang sudah dapat mencetak berbagai macam gambar dan foto. Hanya saja ketika akan mencetak foto, printer diisi dengan berbagai tinta warna dan printernya harus beresolusi tinggi. Dengan begitu foto yang dihasilkan akan jelas kualitasnya.

  1. Mencetak spanduk beserta banner

Jadi mesin printer murah saat ini sudah semakin canggih karena dapat mencetak selembar spanduk dan juga banner. Sejumlah kantor yang bergerak di bidang advertising pasti sangat membutuhkan printer dengan spesifikasi seperti itu. Biasanya printer jenis ini akan memiliki ukuran yang lebih besar. Kemudian resolusi untuk mencetak pun sangat tinggi. Sehingga hasil yang diberikan pun tidak pecah dan berkualitas.

  1. Mencetak sablon beserta stiker

Selain digunakan untuk media kertas, ternyata printer saat ini juga dapat mencetak di atas sebuah akrlik, kaca dan juga kaos. Saat ini permintaan kaos sablon sudah semakin banyak dan sangat berkembang. Hal tersebut dapat dipenuhi hanya dengan memanfaatkan mesin printer saja. Begitu pula ketika Anda ingin membuat stiker yang nantinya ditempel pada kaca. Proses pembuatannya dapat menggunakan printer dan proses pembuatannya jauh lebih simple.

  1. Dapat digunakan sebagai scanner

Untuk menggandakan dokumen dengan  dengan warna sama persis dengan dokumen aslinya, maka harus dilakukan scan. Dahulu melakukan scan harus menggunakan mesin khusus, namun sekarang tidak perlu lagi. Pasalnya dengan memanfaatkan mesin printer, maka Anda dapat melakukan scan sekaligus. Untuk melakukan scan, Anda juga membutuhkan software printer drivers. Untuk memerintahkan scan, harus melalui software tersebut, jadi download lah dahulu jika memang belum memiliki softwarenya.

www.pexels.com

Langkah Download Aplikasi Software Untuk Printer

Printer tidak akan dapat Anda gunakan apabila tidak ada software yang akan menghubungkan printer dengan komputernya. Untuk itu download dahulu Printer Drivers, kemudian barulah proses print dapat dijalankan. Ketika akan mendownload, terdapat beberapa langkah yang wajib diperhatikan. Langkah ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan pada komputer karena telah menginstall software yang salah.

  1. Mendownload di website resmi

Dikarenakan software ini telah disediakan oleh berbagai website, jadi Anda perlu berhati-hati. Jangan mendownload di website yang salah. Ketika itu terjadi, biasanya softwarenya palsu dan dapat mendatangkan masalah bagi komputer milik Anda. Untuk itu pastikan bahwa website yang menyediakan softfilenya dijamin resmi. Contoh permasalahan yang nantinya dapat dialami oleh komputer adalah terserang virus. Apabila virusnya kuat, maka komputer Anda sulit untuk dioperasikan kembali.

  1. Pengecekkan kembali alamat barnya

Banyak orang yang tidak mengecek kembali pada saat mendownload software Printer Drivers. Sehingga pada saat sudah selesai terdownload, ternyata software tersebut bermasalah. Masalah yang paling sering terjadi adalah softfile ternyata tidak dapat diinstall. Jika seperti itu akan sangat sia-sia Anda sudah mendownloadnya.

Namun apabila Anda mengecek kembali alamat barnya, maka proses hal tersebut tidak terjadi. Pastikan alamat bar yang digunakan untuk mendownload softfile terjamin keresmiannya. Dengan begitu Anda dipastikan akan memperoleh softfile terbaik dan tidak merusak sistem operasi dari komputer maupun laptop.

www.pexels.com
  1. Melihat tipe softwarenya

Jangan terburu-buru dalam mendownload software, karena Anda harus dapat mencocokkan dahulu antara tipe printer dengan softwarenya. Ketika ada perbedaan tipe, maka printer pun tidak dapat menerima perintah yang diberikan komputer. Untuk itu cek kembali tipe dari softwarenya sebelum mendownload. Dengan begitu printer akan selalu siap menerima perintah dari komputer.

Untuk menambah kemudahan Anda dalam proses print, maka usahakan Anda memilih printer yang sudah disediakan CD. Meskipun hanya printer murah, namun sudah mulai banyak yang memberikan CD softwarenya sekaligus. Dengan adanya CD tersebut, proses penginstallan akan berjalan dengan lebih mudah dan tak butuh waktu lama. Bahkan Anda yang sangat jarang memegang printer pun akan langsung dapat menginstallnya sendiri.

Masukkan saja CD bawaan dari printernya ke dalam CPU ataupun laptop milik Anda. Setelah itu, masuk ke dalam CD dan di sana Anda akan diberikan petunjuk bagaimana cara menginstallnya. Bahkan Anda secara otomatis akan diarahkan pada langkah-langkah penginstallan printernya. Proses penginstallan sangat cepat, Anda tidak butuh waktu lama untuk menunggunya.

Namun jika printer yang telah Anda beli ternyata tidak terdapat CD-nya, tidak perlu bingung dan juga khawatir karena sekarang keberadaan situs penyedia software resmi untuk printer sudah banyak. Selain itu website resmi juga menyediakan link download tanpa proses pembayaran. Anda hanya harus memilih yang resmi. Sehingga software tersebut tidak akan menimbulkan berbagai kerusakan pada komputer maupun laptop Anda.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *