Alasan Kenapa Xiaomi Redmi Laris Di Pasaran Indonesia

Salah satu smartphone yang merupakan keluaran Tiongkok yaitu xiaomi redmi bisa di bilang cukup sukses dalam memasarkan produknya di Indonesia. Hampir setiap produk terbarunya keluar pasti akan di sambut dengan baik oleh konsumennya. Hal ini bisa dilihat dari setiap flash sale yang di adakan ketika launching produk baru akan selalu sold out dalam hitungan menit saja.

Sebenarnya di Indonesia sendiri sebelum produk xiaomi redmi muncul memiliki anggapan bahwa semua produk buatan Cina sudah pasti memiliki kualitas yang rendah, murahan, dan tentu saja tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun anehnya stereotip tersebut bisa langsung runtuh atau bisa dilupakan untuk sejenak setelah kemunculan xiaomi.

Ponsel-ponsel buatan mereka terbukti bisa menarik minat masyarakat Indonesia dengan kemampuan yang di usung. Anggapan pun mulai berubah bahwa sebenarnya produk keluaran Cina juga memiliki kualitas yang baik. Merk Xiaomi sendiri bisa dibilang merupakan manufaktur ponsel yang masih tergolong berusia muda, kendati demikian mereka sukses menyingkirkan pesaing dengan merk yang telah terkenal.

www.pexels.com

Asal-Usul Nama Xiaomi

Sebelum masuk ke alasan kenapa Xiaomi laris di pasaran maka tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu sejarah singkat mengenai brand ini. kita mulai dari asal-usul namanya, Xiaomi dalam bahasa Cina memiliki artian sebagai millet. Jika di artikan secara harfiah maka kata tersebut memiliki pengertian sebagai tumbuhan sekoi.

Pada tahun 2011 CEO Xiaomi Lei Jun menyebutkan bahwa maksud yang lebih dalam tentang arti yang sesungguhnya dari kata millet. Ia menghubungkan kata “Xiao” sebagai bagian dari konsep Budha yang memiliki arti dari sebiji nasi Budha yang memiliki besar layaknya gunung. Dari kalimat tersebut tentu ia ingin menunjukkan bahwa Xiaomi memulai dari hal yang kecil bukan hanya sebuah usaha untuk bisa bertahan.

Kemudian kata “mi” sendiri adalah persamaan dari ponsel pintar dan bisa juga di artikan sebagai misi yang tidak mungkin untuk diselesaikan. Itulah mengapa menurut dia nama tersebut menjadi menarik dan layak untuk di angkat menjadi brandnya.

www.pexels.com

Sejarah Berkembangnya Xiaomi

Xiaomi sendiri sebenarnya mulai di dirikan sejak tahun 2010 dimana terdapat 7 orang yang mendirikannya. Ke tujuh orang tersebut memiliki peranannya masing-masing dan telah memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya. Xiaomi pada mulanya mendapatkan investor dari beberapa lembaga dan mampu mengeluarkan produknya pertama yang berbasis OS MIUI pada 16 Agustus 2010.

Perkembangannya cukup signifikan karena pada tahun selanjutnya yaitu 2011 mereka mampu mengeluarkan produk terbaru lagi. Mengusung ponsel pintar yang dibekali dengan OS Xiaomi MIUI yang di dapatkan dari Android serta memiliki Touchwich yang hampir sama dengan keluaran brand lainnya. Menariknya brand ini juga telah dilengkapi dengan OS Android.

Selanjutnya setiap tahun hampir dipastikan selalu ada produk baru yang dikeluarkan guna memenuhi kebutuhan pasar. Semakin berkembang dengan teknologi-teknologi terbaru yang sangat mumpuni menjadi salah satu alasan perkembangan merk ini cukup cepat dengan usianya yang masih sangat muda.

Puncaknya kesuksesan brand ini adalah pada tahun 2014 mereka mengumumkan untuk memperluas pasarnya sampai ke luar dari Cina. Dan negara pertama yang pertama menjadi pilihan adalah Singapura. Setelah itu Xiaomi mulai membangun cabang baru di Negara lain seperti Malaysia, Filipina, India, Indonesia, Thailand dan juga beberapa Negara Eropa seperti Rusia, Brazil.

www.pexels.com

Alasan Xiaomi Laris

Ada beberapa alasan yang bisa menguatkan kenapa produk Xiaomi bisa laris manis di pasaran seperti yang sekarang ini. Nah bagi anda yang penasaran maka simaklah alasan-alasannya di bawah ini seperti yang telah disebutkan di kowawa.id :

  1. Harga murah

Ya tidak bisa dipungkiri bahwa harga murah yang ditawarkan adalah salah satu alasan mengapa produk ini sangat laris. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan smartphone keluaran brand lain, namun anda tidak perlu khawatir terhadap kualitasnya.

Xiaomi hadir dengan membawa fitur-fitur unggulan yang sudah barang tentu bisa memuaskan penggunanya. Lantas kenapa harganya bisa murah ? hal ini dikarenakan mereka memangkas biaya produksinya seperti tidak memberikan headset atau earphone dalam paket penjualan.

  1. Memanfaatkan E-commerce

Selanjutnya alasan yang membuat Xiaomi semakin laris adalah karena mereka bisa dengan baik memanfaatkan situs e-commerce. Dari pada memilih untuk memasarkan produknya di toko-toko fisik seperti umumnya penjualan barang elektronik mereka lebih memilih mengikuti program flash sale di market place.

Dengan cara seperti ini maka pembeli yang ingin dijangkau juga akan lebih luas, ya bisa dibilang cara ini merupakan cara yang “licik”. Strategi yang bisa juga dibilang bisa menekan biaya promosi secara lebih efektif. Jika melakukan promosi secara konvensional maka akan membutuhkan biaya yang tentunya lebih tinggi bukan.

  1. Promosi melalui media sosial

Memanfaatkan media sosial di era digital seperti sekarang ini tentu menjadi sebuah pilihan terbaik. setiap orang saat ini pasti memiliki media sosial sehingga akan lebih mudah untuk mempromosikannya melalui media-media tersebut. Dengan demikian segmen pasarnya akan lebih luas dan tentu lebih banyak pasar yang bisa dijangkau.

  1. Keberadaan Mi fans

Seperti halnya para fanboy brand lainnya Xiaomi juga memiliki fans garis kerasnya sendiri. Mereka menamainya dengan sebutan MI fans. Di Kota asalnya yaitu Beijing setiap terdapat peluncuran produk terbaru maka para fans dari segala penjuru Dunia akan rela datang untuk bis menyaksikan moment tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri para Mi fans juga sudah sangat aktif sehingga bisa lebih dengan mudah menyebarkan promosi. Para fans tersebut akan mampu membangun sebuah brand awareness bagi masyarakat awam yang belum pernah menggunakan produknya.

www.pexels.com
  1. Segmentasi luas

Selain dari harganya yang murah ternyata Xiaomi juga memiliki banyak pilihan ponsel pintar yang beragam. Oleh karena itu segmen pasarnya juga lebih luas, untuk segmentasi yang ada sekarang ini adalah smartphone entry level, mid-range dan smartphone flagship.

Dari pilihan-pilihan segmentasi tersebut maka konsumen akan bisa menentukan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Dengan demikian maka mereka sudah akan mampu memiliki ponsel pintar dengan spesifikasi mumpuni meskipun dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan brand lainnya.

  1. Toko resmi di Indonesia

Ya meskipun jaga dalam berjualan online namun Xiaomi ternyata tidak melupakan untuk membangun toko fisiknya. Hal ini dimulai sejak perkembangan penjualannya yang kian meningkat di Indonesia. Namun untuk saat ini memang toko fisik yang dimiliki masih berada di Kota-kota besar saja.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa ponsel pintar ini menjadi semakin laris di pasaran Indonesia. Melihat dari banyaknya keunggulan yang dimiliki tentu hal itu menjadi sebuah keanehan bukan ? apalagi jika di tinjau dari harganya. Semoga informasi ini bisa membantu anda yang masih bingung untuk mencari ponsel impian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *