Yuk Berhijab, Tutup Aurat dan Tetap Mempesona

Manfaat menggunakan jilbab bagi kaum Muslimah bukanlah sekedar semakin dekat dengan Allah serta agar hati menjadi bersih. Berhijab sendiri adalah kewajiban tiap Muslimah di seluruh dunia karena sudah menjadi perintah Allah serta termasuk syariat agama yang mestinya dilaksanakan. Sayang di era modern seperti sekarang, banyak Muslimah yang mengenakan hijab tanpa tahu manfaat dari penggunaannya, atau bahkan tidak menggunakan hijab sama sekali karena tidak paham manfaat apa saja yang bisa didapat darinya. Kebanyakan dari kita mungkin hanya sekedar memahami manfaat berhijab adalah untuk menutup aurat. Maka dari itu, yuk berhijab agar bisa mendapat ragam manfaat berikut.

Aneka Manfaat Mengenakan Hijab Yang Harus Muslimah Tahu

  1. Menaati Perintah Agama

Mengenakan jilbab ialah perintah dalam ajaran Islam serta sunnah dari Rasulullah shallallau ‘alaihi wasallam. Artinya, muslimah yang menggunakan jilbab telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah serta mendekatkan diri pada-Nya.

  1. Terhindar Dari Godaan

Wanita Muslimah yang mengenakan hijab biasanya akan lebih menahan diri untuk bersikap centil atau melakukan perbuatan tidak sopan. Hal ini karena seringkali orang-orang akan menyalahkan jilbabnya saat ia melakukan kesalahan. Menahan diri ini akan sangat berguna dan penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga kesopanan semakin terjaga.

www.pexels.com
  1. Laki-laki Segan Mengganggu

Manfaat satu ini sudah banyak terbukti. Laki-laki yang memiliki niatan tidak baik biasanya akan segan mengganggu wanita berhijab.

  1. Menutupi Aurat

Menutup aurat ialah salah satu ajaran dalam agama Islam. Bagi perempuan, auratnya ialah seluruh tubuh kecuali muka serta dua telapak tangan dan kaki. Oleh karena itu, penggunaan hijab akan turut menutupi seluruh aurat yang tidak seharusnya ditunjukkan bagi orang lain kecuali muhrimnya.

  1. Mencegah Sengatan Matahari

Teriknya sinar matahari yang mengenai kulit akan membuatnya kering dan berpotensi menjadi awal dari kanker kulit. Namun, kulit yang tertutup sempurna dengan pakaian panjang serta jilbab akan membuat kita terlindung dari sengatan sinar matahari langsung. Kita tidak perlu lagi menggunakan penutup tambahan atau produk-produk yang dimaksudkan untuk melindungi kulit dari sinar UV.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Hal ini masih terkait dengan sengatan sinar matahari yang bisa mengakibatkan kanker kulit, terutama jika terjadi dalam jangka waktu lama serta intensitas yang cukup sering. Pakaian ketat dan juga paparan sinar matahari akan dapat berpotensi menimbulkan kanker pada kulit. Wanita berjilbab biasanya akan memilih pakaian longgar serta pastinya tertutup sehingga kanker kulit bisa dihindari.

  1. Menjaga Keindahan dan Kesehatan Rambut

Paparan sinar matahari, polusi, debu serta radikal bebas di udara akan bisa membuat rambut menjadi kering, kusam dan mudah patah. Menggunakan jilbab bisa membantu mengatasi semua masalah tersebut. Di samping itu, kita juga bisa memakai produk perawatan khusus rambut seperti Caboki guna menjaga keindahan maupun kesehatannya.

  1. Mendidik Agar Pemakainya Berperilaku Baik

Memakai jilbab tak sekedar menutup aurat namun juga menjaga pandangan Muslimah supaya senantiasa berperilaku baik sesuai dengan kaidah agama. Yang dimaksud di sini ialah akhlak agar tidak melakukan sesuatu di luar syariat agama. Walau banyak orang mengatakan jilbab tak selalu berbanding lurus dengan perilaku manusia, namun niat yang dimiliki saat berjilbab sudah jadi awal bagi seseorang dalam berusaha menjalani perintah agamanya.

  1. Menutupi Masalah Rambut

Jika kita memiliki masalah pada rambut, maka kita bisa menutupinya dengan mudah menggunakan jilbab. Akan tetapi tentu akan lebih baik jika masalah terkait rambut diatasi, misalnya dengan menggunakan produk perawatan khusus rambut yaitu Caboki.

www.pexels.com
  1. Mengurangi Biaya Perawatan Rambut

Muslimah berjilbab tidak perlu repot-repot melakukan rebonding, smoothing atau perawatan rambut lainnya yang memakan biaya banyak. Untuk menjaga kesehatan rambut, cukup keramas secara teratur dan sesekali gunakan kondisioner. Selebihnya, kesehatan serta keindahan rambut akan selalu terjaga karena terlindung dari sinar matahari, debu dan polusi.

  1. Menyusui Lebih Mudah

Ibu menyusui bisa memberikan ASI pada buah hatinya dengan lebih mudah saat berada di tempat umum. Bagian depan bisa ditutupi menggunakan hijab sehingga tidak perlu lagi membawa-bawa nursing apron.

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Industri jilbab terus berkembang dari hari ke hari, apalagi mengingat Indonesia adalah negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia dan makin banyak saja Muslimah yang menggunakan kerudung dalam kesehariannya. Kontribusi muslimah berjilbab perlu dipertimbangkan karena mereka adalah konsumen terbesar serta tidak sedikit pula yang turut terjun sebagai distributor atau bahkan produsen.

www.pexels.com
  1. Cantik Dengan Hijab

Banyak wanita yang tampak lebih anggun saat mereka mengenakan hijab dalam keseharian. Apalagi kini sudah semakin banyak berkembang jilbab modern yang mengikuti bentuk muka serta menambah kecantikan penggunanya. Jilbab tak lagi kain polos penutup kepala namun juga item fashion yang bisa menunjang penampilan dan menjadikan seorang wanita bertambah kecantikannya.

Masih ada sejumlah manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari penggunaan jilbab, di antaranya adalah menyesuaikan bentuk muka, merawat kulit kepala, mencegah jerawat pada wajah, mencegah leher menghitam, mencegah masuknya bakteri di leher serta kepala, mencegah polutan ketika berkendara hingga memberi kepercayaan diri yang tinggi. Bahkan, tidak sedikit juga pria sekarang yang lebih menginginkan wanita berhijab sebagai pendampingnya. Salah satu kriteria istri idaman bagi kebanyakan pria Muslim adalah mereka yang mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Manfaat satu ini tentu sungguh luar biasa.

Mengenakan jilbab juga pastinya akan membuat muslimah makin termotivasi untuk senantiasa menuntut ilmu terkait agama serta mengamalkannya pada sesama. Hati serta diri seorang muslimah berjilbab akan makin dekat pada Yang Maha Kuasa. Berjilbab juga sedikit demi sedikit akan mengubah sikap serta perilaku menjadi lebih baik serta terhormat. Apalagi karena di tengah masyarakat, kerap jika seorang muslimah berjilbab melakukan kesalahan atau tindakan tak terhormat, maka yang disalahkan adalah jilbabnya. Tentu hal ini tidak benar, namun sudah cukup ampuh menjadi kontrol sosial bagi muslimah yang mengenakan jilbab agar semakin memperbaiki sikap maupun tingkah lakunya.

Ajakan yuk berhijab sebaiknya dibarengi dengan ajaran bagaimana mengenakan jilbab yang benar. Banyak muslimah di era modern ini yang mengenakan jilbab hanya sekedar untuk menutupi kepala dan leher saja. Padahal menurut syariat Islam, jilbab harus dikenakan hingga menutup dada, tidak mencolok, tidak menampakkan perhiasan serta tidak dimaksudkan untuk bermegah-megahan atau menyombongkan diri. Esensi dari berjilbab ini harus dipahami dulu sebelum mulai melaksanakannya. Jangan sampai kita melaksanakan perintah berjilbab secara setengah-setengah atau tanpa memahami aturannya yang sesuai syariat. Pastikan jilbab yang dikenakan telah memenuhi syariat agar kita bisa mendapat semua manfaat yang tertera di atas. Jika tidak, sangat mungkin seorang Muslimah termasuk dalam golongan “berpakaian tapi telanjang” dan akan mendapat balasan yang berat di hari pembalasan kelak.

www.pexels.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *